From Blogging, to Sharing

Responsive Ads Here

Rabu, 15 November 2017

Kids Jaman Now & Generasi Micin? Menurut Pandangan Saya

Menurut Pendapat Saya

Kids Jaman Now dan Generasi Micin? Menurut Pendapat Saya


Suwoko Blog - Ada dua istilah yang cukup populer belakangan ini, yakni Kids Jaman Now dan Generasi Micin. Ya, kedua istilah yang terdengar nyeleneh nan lucu tersebut kadang dipakai orang untuk menilai orang lain.



Tidak mengherankan memang, istilah yang kini populer di kalangan warganet Indonesia ini entah bersumber dari mana. Saya sendiri kadang bingung, siapa sih yang pertama kali memakai atau membuat istilah tersebut? Namun, tampaknya tak ada yang memperdulikan asal-usul dua istilah di atas tadi.



Saya sendiri bahkan saat pertama kali mendengar istilah ini tertawa karena memang terdengar lucu. Lalu, lama kemudian membuat saya sedikit tersentil penasaran karenanya.



Menurut saya, kedua istilah tersebut memang sangat cocok jika ditujukan kepada generasi muda masa kini, terutama yang dibilang masih bocah. Istilah Kids Jaman Now maupun Generasi Micin memang selalu berkonotasi negatif. Hal itu tidak terlepas dari pandangan masyarakat umum tentang perilaku-perilaku menyimpang.



Dan untuk yang lebih detailnya, saya akan membahas satu per satu istilah bahan bully tersebut. Tentu saja menurut sisi pandangan saya.



- Kids Jaman Now



Artinya Bocah Jaman Sekarang. Yaps, saya yakin kamu sudah mengerti artinya. Istilah ini sering ditujukan kepada Anak-anak di bawah umur (masih SD, SMP maupun kadang SMA) yang sering berperilaku layaknya orang dewasa.



Salah tiga perilaku yang lagi nge-trend adalah, seperti Berpacaran, Berbuat mesum bahkan sudah berani Minum-minuman keras dan merokok. Tentu saja hal ini cukup kontras dengan Kids Jaman Old, yang tentu saja tak separah Kids Jaman Now.



Maka dari itu, kalimat Kids Jaman Now kadang sering dilontarkan warganet -terutama- jika menemukan postingan dari anak di bawah umur yang sok kedewasaan.



Dalam hal ini, saya juga sangat setuju dengan istilah Kids Jaman Now. Karena, ya memang cocok dengan kondisi yang ada.



Namun, Kids Jaman Now tidak melulu selalu berkonotasi negatif. Banyak anak-anak di bawah umur yang berprestasi. Tentu saja itu sangat jarang ditemukan.



- Generasi Micin



Mendengar kata Micin, apa yang ada di benakmu? Racun, sejenis narkoba? Bukan! Micin atau MSG sebenarnya adalah penyedap rasa makanan. Dan saya yakin, kamu-kamu itu tanpa sadar telah mengkonsumsi yang namanya Micin. Ya, karena hal itu merupakan lumrah di masakan Indonesia.



Lalu, jika kita semua saja pernah mencicipi Micin -meski secara tanpa sadar-, bukankah kita juga termasuk Generasi Micin? Tersebutlah pertanyaan yang sering berkutat di kepala saya akhir-akhir ini.



Namun, rasa penasaran saya terbayar sudah setelah iseng-iseng browsing di internet.



Seperti kata kiasan, Generasi Micin bukan sepenuhnya ditujukan bagi mereka yang pernah mengkonsumsi micin. Akan tetapi, ada arti lainnya. Generasi Micin merupakan sebutan liar pada Generasi Muda masa kini yang sudah rusak moralnya.



Tentu saja, istilah Generasi Micin ini sebenarnya hampir sama maknanya dengan Kids Jaman Now. Dan memang bisa dibilang sama peris. Cuman, Generasi Micin ini kadang ditujukan pada Kids Jaman Now yang -maaf- bodoh nggak ketulungan.



Generasi Micin, bisa dikatakan mutlak berkonotasi negatif, tak seperti Kids Jaman Now.



....



Demikian pendapat saya tentang dua istilah yang sedang naik daun belakangan ini. Istilah yang nge-trend dan sedang ramai-ramainya diperbincangkan. Namun, meski begitu, seenggaknya kita tidak sembarangan mengistilahkan seseorang seenak jidat. Kita adalah Indonesia, yang menjunjung tinggi nilai-nilai norma kebaikan. Mencela orang lain tanpa tau asal-usulnya, bahkan latar belakangnya via Internet, bisa saja kita malah tersandung masalah. Ingat, ada pasal baru yakni: UU ITE.



Jadilah warganet yang bijak. Jangan cuman suka ikut-ikutan. Karena belum tentu yang kamu ikuti itu benar.



Sekian.



Penulis: Suwoko Saiyan

Blitar, Kamis, 16 November 2017

3 komentar: