From Blogging, to Sharing

Responsive Ads Here

Kamis, 01 Februari 2018

6 Langkah Mudah Yang Harus Dilakukan Untuk Membuat Blog Bagi Pemula

6 Langkah Mudah Yang Harus Dilakukan Untuk Membuat Blog Bagi Pemula

Ilustrasi Belajar Ngeblog


Suwoko Blog - Banyak sekali artikel yang bertebaran di internet jika Anda mencari tentang, 'bagaimana membuat sebuah blog bagi pemula?'. Bagi pemula, artikel semacam ini sangatlah berguna. Maka dari itu, akhirnya saya memutuskan untuk membuat artikel seperti ini meski saya yakin saingannya sangatlah banyak.



Namun, bukan berarti saya akan membuat artikel hasil copas atau abal-abal. Malah sebaliknya, saya akan menyajikan poin-poin yang kadang menjadi lubang di setiap tutorial artikel sejenis. Nah, jadi Anda akan mendapatkan ilmu yang sangatlah berarti.



Dan berikut, adalah langkah-langkah mudahnya.



1. Siapkan Niat Dan Tekad Yang Kuat



Sebelum membuat atau membangun sebuah blog, Anda haruslah memiliki niat dan tekad yang sangat kuat. Hal ini perlu dilakukan, agar kelak tak ada penyesalan seperti yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya (baca: Jangan Jadi Blogger Kalau Tidak Ingin Menyesal).



Hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan adalah berdoa. Aneh memang, tapi jujur saja saya mengakui kalau doa untuk berniat dalam melakukan hal itu sangatlah dianjurkan. Dan, saya sendiri selalu berdoa jikalau ingin melakukan suatu project apapun itu —entah menulis cerita ataupun membuat blog baru—.



Jadi, tanamkan niat dan tekad Anda untuk membangun blog ini dalam-dalam. Niat yang bagus akan menghasilkan hal yang bagus juga.



2. Memilih Blog Builder Yang Tepat



Poin kedua, kita sudah memasuki pemilihan pembangun Blog. Adakalanya Anda memilih blog builder yang dirasa paling nyaman dan mudah.



Saya sarankan, Anda menggunakan layanan blog builder yakni Blogspot jika untuk awal-awal. Namun, jika Anda merupakan seorang pengguna handphone, Blogspot mungkin kurang kompitable. Cobalah untuk menggunakan layanan blog builder yang nyaman untuk dikelola lewat hp.



Dalam kasus di atas, Anda dapat mencoba blog builder semacam BlogPonsel, Nextwapblog atau Wapblog ID. Ketiga blog builder tersebut merupakan karya anak bangsa. Dan saya jamin, ketiga blog builder itu sangat nyaman dikelola lewat handphone.



3. Pilih Niche Blog Yang Akan Dikelola



Setelah selesai memilih Blog Builder yang dirasa nyaman, Anda sebaiknya merencanakan dahulu ingin membuat blog dengan niche apa. Hal ini merupakan fase paling krusial. Pasalnya, banyak blogger pemula yang membuat sebuah blog tanpa perencanaan yang matang sebelumnya. Alhasil, blog tersebut menjadi terbengkalai sewaktu-waktu.



Tentukan dulu niche blog yang ingin Anda buat. Saran saya, sebaiknya Anda membuat blog yang sesuai dengan hobi Anda. Mengapa demikian? Tentu saja karena hal ini dapat memudahkan Anda dalam membuat konten untuk blog kedepannya. Hal ini juga mampu membuat Anda enjoy saat mengelola blog dalam rentang waktu yang lama.



4. Menguasai Kode Pemrograman HTML Dasar



HTML atau Hyper Text MarkUp Language, merupakan bahasa pemrograman yang dipakai untuk membangun sebuah situs. Nah, bagi Anda yang ingin membuat blog, ada baiknya Anda menguasai kode HTML ini dulu. Tidak perlu yang sulit-sulit, Anda cukup mempelajari kode-kode dasar HTML saja, seperti penggunaan huruf tebal, membuat paragraf buruf miring dan sebagainya.



Mungkin Anda bertanya-tanya, apa sih pentingnya mempelajari kode HTML? Jika Anda bertanya demikian, saya akan menjawabnya dengan nada pasti. Sangat Penting! Apalagi jika Anda menggunakan pembangun blog sejenis BlogPonsel, Nextwapblog atau Wapblog ID seperti yang sudah saya sebutkan di poin ke-2 tadi. Mengapa demikian? Karena, setiap kali Anda ingin memposting sebuah artikel/tulisan, Anda harus menggunakan kode HTML agar tulisan menjadi rapi. Maka dari itu, menguasai setidkanya kode HTML dapat membantu Anda mengelola blog.



5. Konsisten Untuk Tetap Mengurus Blog.



Memiliki blog, sama halnya dengan mempunyai seorang anak. Anda juga diharuskan untuk merawat Blog sebaik mungkin. Setidaknya, dalam satu minggu Anda diharuskan untuk mengupdate sebuah postingan baru.



Jangan pernah mencampakan Blog Anda dalam waktu yang lama. Membiarkan Blog tak diurus sama halnya membiarkan anak Anda mati kelaparan.



Jadi, saya tekankan lagi. Anda harus konsisten dalam mengelola atau mengurus blog!



6. Monetesi Blog.



Poin atau langkah terakhir ini, sebaiknya Anda lakukan jika Blog Anda memang sudah layak untuk dijadikan sebagai pengepul dollar. Jangan sekali-kali mencoba untuk memonetesi blog jika Anda baru menggeluti 'pekerjaan' ini —Ngeblog—. Karena, sekali Anda mencoba dan gagal, saya yakin Anda pasti akan berhenti untuk terus mengelola blog Anda sendiri.



Maka dari itu, untuk memonetesi sebuah Blog, seharusnya Blog Anda sudah benar-benar layak untuk dimonetesi.



Dan itulah, 6 Langkah yang dapat Anda lakukan jika Anda memang benar-benar terbilang masih baru menjejaki dunia Blogging. Inti dari artikel ringan ini adalah, Anda harus telaten dan bersungguh-sungguh. Ingat, usaha tak akan pernah menghianati hasil.



Selamat mencoba. :)



Penulis: Suwoko Saiyan

(Blitar, Kamis, 1 Februari 2018)

7 komentar:

  1. Anda seorang master SEO? atau yang sedang belajar SEO dan ingin menjajal kemampuan SEO anda?

    Ayo ikuti kontes SEO di itu99 dengan total HADIAH Rp.30.000.000


    Pendaftaran dimulai pada tanggal 22 Januari 2018
    Pendaftaran berakhir pada tanggal 22 April 2018
    Pemenang akan diumumkan pada tanggal 7 Mei 2018
    Hadiah akan dibagikan pada 8 Mei 2018

    Untuk info lebih lanjut, klik link ini : www.itu99(dot)org/kontes/

    BalasHapus
  2. Kebanyakan para blogger pemula tidak konsisten dalam membangun dan mengurus blog, lantaran di sebabkan dengan beberapa faktor

    BalasHapus
  3. wajib dicoba nih, tapi kurang gan tambahkan temukan gaya tulisanmu sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bagian ini, akan saya posting dalam artikel yang berbeda. :D

      Hapus
  4. Yang belum monetesasi blog, hadehh maklum gan saya masih awam

    BalasHapus