From Blogging, to Sharing

Responsive Ads Here

Rabu, 06 Maret 2019

Merasa Jenuh Dengan Hidup Ini? Bunuh Diri Bukanlah Solusinya


Suwoko Blog - Hai, semuanya, sudah lama saya tidak membuat postingan baru untuk blog ini. Ada banyak alasan kenapa saya hiatus dari aktivitas ngeblog di ranah internet. Salah satunya adalah merasa jenuh dan bosan dengan kehidupan yang saya jalani.

Banyak sekali masalah yang datang silih berganti, dari soal asmara hingga pekerjaan. Bahkan tak jarang masalah datang dari mulut-mulut sok tahu yang menghujat seenak bibirnya sendiri (baca: tetangga).

Hari berganti, waktu terus berjalan sesuai lajur takdirnya. Namun, masalah yang datang nyatanya semakin menumpuk dan membebani pikiran. Hingga saya sampai di titik terendah dan mulai berpikir untuk ‘mengakhiri hidup ini’. Sungguh pemikiran yang tak patut dilakukan.

Semakin saya berusaha menghindari masalah, maka semakin dekat dan banyak masalah yang mengintai. Saya pusing, banyak pekerjaan terbengkalai begitupun hobi menggeluti dunia menulis pun rasanya menguap begitu saja. Hingga jika saya boleh jujur, sebenarnya saya hampir lupa sepenuhnya semua hal tentang blog ini. Sampai kemudian hari ini datang, saya ingat sudah hampir lima bulan lebih saya tidak memposting apa-apa di blog ini.

Maka, mumpung saya ingat, saya langsung menuangkan uneg-uneg ini di sini dan memberi judul Merasa Jenuh Dengan Hidup Ini? Bunuh Diri Bukan Solusinya.

Yaps! Saya akan membahas hal-hal yang saya rasakan belakangan ini, hingga kemudian saya bisa up kembali dan melupakan niat bunuh diri tersebut.

Jika Anda merasa jenuh belakangan ini, lalu terlintas rasa ingin ‘mengakhiri hidup’ Anda sendiri, maka coba renungkan beberapa hal di bawah ini dahulu.

Coba ingatlah orang-orang yang mencintai Anda, misalkan keluarga, sahabat dan siapapun yang berpengaruh dalam hidup Anda. Percayalah, saya yakin 100% bahwa mereka pasti tidak mengiyakan pemikiran Anda untuk melakukan tindak membunuh diri. Perlahan, coba menjadi pribadi yang terbuka, meminta pendapat kepada mereka tentang masalah yang sedang Anda alami. Sosialisasi sangat penting, karena pemikiran tentang ‘kejenuhan’ itu hadir karena Anda kurang berkomunikasi dengan orang lain.

Kedua, Anda dapat menghilangkan rasa itu dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Terlepas Anda menganut agama apa, saya yakin setiap agama menolak yang namanya tindak membunuh diri. Merupakan dosa besar karena sama saja menolak rezeki dari-Nya. Cobalah untuk memperbanyak ibadah kepada yang Maha Kuasa, niscaya kedamaian akan hinggap di dalam hati Anda. Aamiin.

Ketiga, carilah kesibukan. Anda pasti punya hobi, terlepas apapun itu hobi Anda asal positif. Tekuni hobi Anda sembari perlahan melupakan masalah yang ada. Saya sendiri sering menulis dikala jenuh, meski rasanya ide mampet, tapi saya tetap memaksakan untuk menulis dan menuangkan setiap masalah pada tulisan tersebut. Allhamdullilah, rasa jenuh itu terlampiaskan sekarang. Sekarang, giliran Anda yang mencobanya.

Tak ada masalah yang tak dapat diselesaikan, selalu ada jalan, itu pasti. Jadi, jangan pernah berkecil hati dan menyerah dengan mudah. Seiring waktu berjalan, solusi akan datang menjemput masalah Anda.

Sekian postingan ini saya buat, semoga bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

Sampai bertemu di postingan selanjutnya.

Penulis: Suwoko Saiyan
Blitar, 7 Maret 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar