From Blogging, to Sharing

Responsive Ads Here

Kamis, 26 September 2019

Hilangkan Sikap Ini Jika Ingin Sukses!

Kunci sukses, sharing tentang kesuksesan, opini jalan sukses
Sumber: Shuttershock

Suwoko Blog - Saya baru saja berpikir, atau lebih tepatnya menemukan secercah jawaban atas beberapa pertanyaan. Namun, saya juga tidak bisa memberikan klaim pasti, bahwa apa yang saya kemukakan di bawah ini mutlak benar.

Akan tetapi, tak ada salahnya, bukan, untuk berbagi pemikiran yang sederhana seperti berikut ini? Tentu saja.

Dimulai dari pertanyaan pertama, apakah yang membuat saya jalan di tempat?

Ini adalah pertanyaan besar bagi saya sendiri. Saya seringkali bertanya pada diri sendiri. "Kenapa mereka yang dulunya jauh di bawah saya kemampuannya, kini bisa melambung tinggi melampaui saya? Apakah Tuhan berlaku tidak adil kepada saya?"

Semakin menggerutu tidak jelas, tanpa sadar saya telah memfitnah Tuhan. Sungguh, itu sebuah kesalahan.

Lantas waktu terus berlalu, jawaban dari pertanyaan tersebut nyatanya tak kunjung datang. Bahkan muncul pertanyaan-pertanyaan berikutnya yang semakin 'menyudutkan' pikiran saya sendiri.

"Dia sukses, saya tidak, kami sama-sama berusaha, kami sama-sama bekerja dari bawah. Kenapa hanya dia yang mampu meraih posisi teratas, kenapa saya tidak?"

Lagi-lagi, saya terjebak dalam pergelutan batin yang konyol ini. Saya termakan emosi.

Semua pertanyaan yang selalu menyudutkan itu, ternyata tak lebih baik daripada pertanyaan-pertanyaan lain yang lebih sampah. Ya, benar-benar sampah.

Sekarang, saya sadar. Mempertanyakan berbagai hal seperti di atas, nyatanya tak akan pernah bisa memperbaiki kualitas diri. Bahkan, bisa dibilang malah akan menjatuhkan mental saya tanpa disadari. Itu sungguh buruk, sangat buruk.

Kini, pemikiran saya sedikit terbuka. Daripada terus menerus menggerutu, atau memfitnah Tuhan atas segala rencana yang telah Dia buat. Alangkah baiknya mulai sekarang kita introspeksi diri, apa yang kiranya menghambat saya untuk berkembang, dan kenapa saya selalu jalan di tempat?

Jawaban yang baru saya dapat: "Hilangkan rasa ingin berkuasa dalam diri sendiri, itu adalah langkah pertama yang perlu kita lakukan agar bisa menjadi lebih baik. Jika ada orang lain yang lebih sukses daripada kita, biarkan saja. Ingat, jalan hidup setiap manusia berbeda-beda. Jika dia sukses dengan caranya, maka kita juga akan sukses dengan cara kita sendiri.

Dengan tidak terus-terusan 'nyinyir' sana-sini, adalah awal yang bagus untuk menghindari diri jatuh ke dalam jebakan sendiri. Kemudian, yang perlu kita lakukan hanya berkarya dengan apa yang kita bisa.

Sekian, sharing dari saya. Ingin menambahkan? Silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar